MAKALAH
PENGARUH
ONLINE SHOP TERHADAP PERKEMBANGAN GENERASI MUDA DI INDONESIA
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Ilmu Sosial Dasar
Dibimbing oleh Bapak Emilianshah Banowo
Disusun oleh :
Subki Maula Fatah NPM. 16315689
Kelas: 1TA03
FAKULTAS
TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2015
Kata Pengantar
Puji
Syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang
yang telah memberikan berkah, rahmat dan karunia-Nya. Karena itulah penulis
dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Pengaruh Online Shop Terhadap
Perkembangan Generasi Muda di Indonesia”
untuk memenuhi tugas mata kuliah Ilmu Sosial Dasar.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan
makalah ini jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik
dan saran yang bersifat membangun, guna menjadi acuan dalam bekal pengalaman
bagi penulis untuk lebih baik di masa yang akan datang.
Penulis
mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama kepada Bapak Emiliansah
Banowo selaku dosen mata kuliah Ilmu Sosial Dasar yang telah memberikan
pengarahan dan dorongan dalam menyelesaikan makalah ini.
Depok, November
2015
Daftar Isi
Kata
Pengantar................................................................................................. ii
Daftar
isi........................................................................................................... iii
Bab 1
Pendahuluan............................................................................................1
1.1 Latar
Belakang ................................................................................. 1
1.2 Rumusan
Masalah ............................................................................ 1
1.3 Tujuan
Penulisan ............................................................................. 1
1.4 Manfaat
Penulisan ............................................................................ 1
Bab 2
Pembahasan.............................................................................................2
2.1 Perkembangan Online Shop di
Indonesia ......................................... 2
2.2 Pengaruh Perkembangan Online
Shop Terhadap Generas. ................ 3
Bab 3
Penutup.................................................................................................... 4
3.1 Kesimpulan ....................................................................................... . 4
3.2 Saran.................................................................................................... 4
Daftar
Pustaka................................................................................................... 5
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Perkembangan dalam era globalisasi berjalan dengan
pesat. Inovasi-inovasi baru terus dilahirkan guna mempermudah pekerjaan
manusia. Dalam bidang teknologi dan informasi ditandai dengan adanya jaringan
internet yang saat ini telah tersebar ke seluruh dunia. Pengguna internet dari
hari ke hari semakin menigkat, bahkan internet telah dijadikan sebagai gaya hidup,
terutama dikalangan generasi muda. Semua aktivitas sehari-hari yang dilakukan
tidak terlepas dari internet, tak terkecuali dalam melakukan aktivitas
jual-beli.
Aktivitas jual-beli ini muncul karena telah
tersedianya media jual-beli yang menggunakan jaringan internet. Media ini biasa
disebut dengan Online Shop. Onine Shop telah dikenal dari berbagai kalangan
usia, mulai dari remaja sampai orang dewasa. Dengan telah tersebarnya jaringan
internet ke seluruh dunia menjadikan Online Shop ini menjadi bisnis yang
menjajikan, terutama bagi para remaja yang pada umumnya masih menjadi pebisnis
pemula.
Namun demikian, perkembangan globalisasi ini tidak
hanya membawa dampak positif bagi para pelaku, melainkan juga membawa dampak
negatif yang dapat mengancam sewaktu-waktu, terutama bagi para remaja yang
dimana merupakan generasi muda penerus bangsa. Oleh karena itu, penulis akan
membahas pengaruh Online Shop bagi remaja di Indonesia.
1.2 Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan
sebagai berikut.
1. Bagaimana perkembangan Online Shop di
Indonesia?
2. Bagaimana pengaruh perkembangan Online Shop
terhadap generasi muda di Indonesia?
1.3 Tujuan
Penulisan
Sesuai dengan rumusan masalah di atas, tujuan yang hendak dicapai dalam
penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:
1. Mengetahui perkembangan Online Shop di
Indonesia.
2. Mengetahui pengaruh perkembangan Online
Shop terhadap generasi muda di Indonesia
1.4 Manfaat
Penulisan
Manfaat yang dapat diperoleh dalam penulisan makalah
ini antara lain:
1. Bagi penulis pembuatan makalah ini dapat
meningkatkan kemampuan ketatabahasaan dalam pembuatan karya tulis.
2. Bagi pembaca penulisan makalah ini dapat
menambah wawasan tentang pengaruh Online Shop terhadap generasi muda di
Indonesia.
BAB 2
PEMBAHASAN
2.1 Perkembangan
Online Shop di Indonesia
Online Shopping adalah suatu proses transaksi
jual-beli melalui internet. Online Shopping mengusung motto Smart and Friendly.
Di Indonesia perkembangan Online Shop menunjukkan hasil yang signifikan. Ini
ditandai dengan sudah banyak bermunculan penjual yang menerapkan sistem ini,
contohnya adalah bhinneka.com, lazada, bli-bli, dan masih banyak lagi.
Perkembangan yang signifikan ini didasari dengan mudahnya dalam memulai bisnis
ini. Tanpa perlu modal yang besar Online Shop telah dapat dijalankan. Cukup
dengan adanya foto produk dan akses internet sebagai modalnya. Selain itu,
kelebihan lain yang disediakan dalam Online Shop adalah mudah dan murah untuk
diakses, karena pembeli cukup dengan melihat contoh barang pada foto yang telah
dipasang oleh penjual tanpa harus mendatangi toko tersebut. Kelebihan yang
ditawarkan tersebut membuat para pebisnis muda yang berasal dari kalangan
remaja tertarik untuk mencobanya. Tingginya minat remaja terhadap bisnis Online
Shop ini semakin menambah pesatnya perkembangan Online Shop di Indonesia.
Media yang biasa digunakan untuk
Online Shop adalah:
a. Blog
Blog merupakan layanan web gratis dimana pelaku usaha menggunakan blog
sebagai Online Shop yang ia punya untuk menjual sekaligus mempromosikan barang
dan jasa yang ia tawarkan kepada calon konsumen. Karena sifatnya yang mudah
dikustomisasi oleh penggunanya, maka Online Shop Melalui media blog cukup
riskan karena pembeli cukup sulit mengetahui reputasi dari penjual. Biasanya
penjual mengunggah bukti-bukti transfer yang ia miliki sebagai bentuk jaminan
kepada pelanggan bahwa ia merupakan penjual terpecaya.
b. Situs Web
Ada banyak situs web yang menyediakan layanan Online Shop baik web lokal
maupun web Internasional. Biasanya terdapat keranjang belanja, dimana calon
pembeli dapat memilih produk yang akan dibeli. Selain dengan menggunakan
keranjang belanja, pembeli juga dapat langsung menghubungi penjual agar
transaksi langsung dapat dilakukan melalui telepon atau email. Ada banyak yang
dapat dilakukan di layanan daring melalui web, diantaranya yang terkenal adalah
lelang. Lelang adalah kegiatan belanja daring dimana penjual menetapkan batas
bawah suatu harga yang hendak dilelang, kemudian sang pembeli yang tertarik
dapat menawar sesuai dengan kelipatan yang diajukan, lelang biasanya dibatasi
sampai periode tertentu sehingga pembeli dengan nominal tertinggi dinyatakan
berhak membeli barang yang ia inginkan sesuai dengan harga yang ia ajukan.
c. Media Sosial
Seiring dengan maraknya pertumbuhan situs jejaring
sosial di dunia, media sosial networking ini juga dilirik oleh pelaku belanja
daring untuk memasarkan produknya. Penjual akan menggugah barang yang ia
tawarkan kemudian disebarkan melalui messaging atau fitur photo sharing. Bentuk
penawaran ini merupakan pengembangan dari media katalog yang tadinya disebarkan
dalam bentuk media cetak per bulan, kini disebarkan melalui media katalog
online yang penawarannya dapat diupdate kapan saja.
2.2 Pengaruh Perkembangan
Online Shop Terhadap Generasi Muda di Indonesia
Online Shop diciptakan untuk mempermudah
kegiatan transaksi jual-beli. Kelebihan-kelebihan yang ditawarkannya dapat
membantu dalam berbelanja. Para pelaku usaha ini yang mayoritas berasal dari
generasi muda menimbulkan berbagai dampak bagi para pelaku yang secara
tidak langsung mempengaruhi kultur
budaya Indonesia. Dampak yang ditimbulkannya adalah sebagai berikut.
2.2.1
Dampak Positif
Dampak positif bagi generasi muda Indonesia dengan adanya Online Shop
antara lain:
a. Generasi muda akan semakin kreatif dalam
berbisnis, karena dengan adanya Online Shop persaingan bisnis akan semakin
luas, tidak hanya di dalam negeri persaingan bisnis bahkan sampai ke luar
negeri.
b. Dapat menghasilkan pebisnis-pebisnis muda,
dengan modal yang murah dan mudahnya menjalankan bisnis ini maka akan menarik
para generasi muda untuk mulai dapat berbisnis.
2.2.2
Dampak Negatif
Selain menghasilkan dampak positif berkembangnya Online Shop juga
menimbulkan dampak negatif, yaitu:
a. Meningkatkan perilaku konsumtif, kemudahan
berbelanja yang ditawarkan Online Shop membuat kegiatan transaksi jual-beli
semakin meningkat. Ini secara tidak langsung telah menciptakan paham baru yaitu
konsumerisme.
b. Menimbulkan sifat boros, dengan timbulnya
paham konsumerisme maka akan timbul sifat boros karena barang yang dibeli tidak
hanya barang yang dibutuhkan melainkan juga yang diinginkan.
c. Menyebabkan konsumen berpikir praktis,
dengan kelebihan-kelebihan yang ada membuat para konsumen yang mayoritas para
remaja menginginkan hasil tanpa adanya proses.
d. Sulit besosialisasi, karena kegiatan
berbelanja di Online Shop dapat dilakukan hanya dengan melalui gadget.
BAB 3
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan permasalahan tentang
pengaruh Online Shop maka dapat disimpulkan bahwa Online Shop dapat mempermudah
kegiatan berbelanja dan dapat mengasilkan berbagai macam dampak positif. Akan
tetapi, jika kelebihan tersebut tidak ditanggulangi secara serius maka akan
menimbulkan dampak negatif yang banyak lagi.
3.2 Saran
Untuk menghindari timbulnya berbagai macam
dampak negatif tersebut maka penulis menyarankan untuk membeli barang sesuai
kebutuhan bukan sesuai keinginan dan mengkombinasikan berbelanja secara online
dengan secara langsung.
Daftar Pustaka
Akbar, Rizkia Miftah. 2014. Pengaruh Adanya Teknologi Online Shop Terhadap Tingkah Laku
Konsumen (online). http://rizkiamiftah.blogspot.co.id/2014/11/dampak-teknologi-online-shop-terhadap.html, 15 November 2015.
Budiman, Arif. 2015. Makalah Dampak
Sosial Perkembangan Komputer (online). http://arifbudimannn.blogspot.co.id/2015/01/makalah-dampak-sosial-perkembangan.html, 15 November 2015.
Ulum, Anharul. 2010. Pengaruh Globalisasi Teradap Remaja (online). http://anharululum.blogspot.co.id/2012/05/pengaruh-globalisasi-teradap-remaja.html, 15 November 2015.
izin copas ya min, makasih bnyak
ReplyDelete