Saturday, November 14, 2015

MAKALAH
PENGARUH ONLINE SHOP TERHADAP PERKEMBANGAN GENERASI MUDA DI INDONESIA
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Ilmu Sosial Dasar
Dibimbing oleh Bapak Emilianshah Banowo



Disusun oleh :
Subki Maula Fatah      NPM. 16315689
Kelas: 1TA03



FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN
UNIVERSITAS GUNADARMA
2015



Kata Pengantar

Puji Syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang yang telah memberikan berkah, rahmat dan karunia-Nya. Karena itulah penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Pengaruh Online Shop Terhadap Perkembangan Generasi Muda di Indonesia” untuk memenuhi tugas mata kuliah Ilmu Sosial Dasar.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun, guna menjadi acuan dalam bekal pengalaman bagi penulis untuk lebih baik  di masa yang akan datang.
Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama kepada Bapak Emiliansah Banowo selaku dosen mata kuliah Ilmu Sosial Dasar yang telah memberikan pengarahan dan dorongan dalam menyelesaikan makalah ini.





                                                               

                                                                                                            Depok, November 2015







Daftar Isi

Kata Pengantar................................................................................................. ii

Daftar isi........................................................................................................... iii

Bab 1 Pendahuluan............................................................................................1

1.1  Latar Belakang ................................................................................. 1

1.2  Rumusan Masalah ............................................................................ 1

1.3  Tujuan Penulisan .............................................................................  1

1.4  Manfaat Penulisan ............................................................................ 1

Bab 2 Pembahasan.............................................................................................2

2.1 Perkembangan Online Shop di Indonesia .........................................  2

2.2 Pengaruh Perkembangan Online Shop Terhadap Generas. ................ 3

Bab 3 Penutup.................................................................................................... 4

3.1 Kesimpulan ....................................................................................... . 4

3.2 Saran.................................................................................................... 4

Daftar Pustaka................................................................................................... 5














BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Perkembangan dalam era globalisasi berjalan dengan pesat. Inovasi-inovasi baru terus dilahirkan guna mempermudah pekerjaan manusia. Dalam bidang teknologi dan informasi ditandai dengan adanya jaringan internet yang saat ini telah tersebar ke seluruh dunia. Pengguna internet dari hari ke hari semakin menigkat, bahkan internet telah dijadikan sebagai gaya hidup, terutama dikalangan generasi muda. Semua aktivitas sehari-hari yang dilakukan tidak terlepas dari internet, tak terkecuali dalam melakukan aktivitas jual-beli.
Aktivitas jual-beli ini muncul karena telah tersedianya media jual-beli yang menggunakan jaringan internet. Media ini biasa disebut dengan Online Shop. Onine Shop telah dikenal dari berbagai kalangan usia, mulai dari remaja sampai orang dewasa. Dengan telah tersebarnya jaringan internet ke seluruh dunia menjadikan Online Shop ini menjadi bisnis yang menjajikan, terutama bagi para remaja yang pada umumnya masih menjadi pebisnis pemula.
Namun demikian, perkembangan globalisasi ini tidak hanya membawa dampak positif bagi para pelaku, melainkan juga membawa dampak negatif yang dapat mengancam sewaktu-waktu, terutama bagi para remaja yang dimana merupakan generasi muda penerus bangsa. Oleh karena itu, penulis akan membahas pengaruh Online Shop bagi remaja di Indonesia.

1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut.
1.      Bagaimana perkembangan Online Shop di Indonesia?
2.      Bagaimana pengaruh perkembangan Online Shop terhadap generasi muda di Indonesia?
1.3  Tujuan Penulisan
Sesuai dengan rumusan masalah di atas, tujuan yang hendak dicapai dalam penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:
1.      Mengetahui perkembangan Online Shop di Indonesia.
2.      Mengetahui pengaruh perkembangan Online Shop terhadap generasi muda di Indonesia

1.4  Manfaat Penulisan
Manfaat yang dapat diperoleh dalam penulisan makalah ini antara lain:
1.      Bagi penulis pembuatan makalah ini dapat meningkatkan kemampuan ketatabahasaan dalam pembuatan karya tulis.
2.      Bagi pembaca penulisan makalah ini dapat menambah wawasan tentang pengaruh Online Shop terhadap generasi muda di Indonesia.
BAB 2
PEMBAHASAN

2.1    Perkembangan Online Shop di Indonesia
Online Shopping adalah suatu proses transaksi jual-beli melalui internet. Online Shopping mengusung motto Smart and Friendly. Di Indonesia perkembangan Online Shop menunjukkan hasil yang signifikan. Ini ditandai dengan sudah banyak bermunculan penjual yang menerapkan sistem ini, contohnya adalah bhinneka.com, lazada, bli-bli, dan masih banyak lagi. Perkembangan yang signifikan ini didasari dengan mudahnya dalam memulai bisnis ini. Tanpa perlu modal yang besar Online Shop telah dapat dijalankan. Cukup dengan adanya foto produk dan akses internet sebagai modalnya. Selain itu, kelebihan lain yang disediakan dalam Online Shop adalah mudah dan murah untuk diakses, karena pembeli cukup dengan melihat contoh barang pada foto yang telah dipasang oleh penjual tanpa harus mendatangi toko tersebut. Kelebihan yang ditawarkan tersebut membuat para pebisnis muda yang berasal dari kalangan remaja tertarik untuk mencobanya. Tingginya minat remaja terhadap bisnis Online Shop ini semakin menambah pesatnya perkembangan Online Shop di Indonesia.
Media yang  biasa digunakan untuk Online Shop adalah:
a.       Blog
Blog merupakan layanan web gratis dimana pelaku usaha menggunakan blog sebagai Online Shop yang ia punya untuk menjual sekaligus mempromosikan barang dan jasa yang ia tawarkan kepada calon konsumen. Karena sifatnya yang mudah dikustomisasi oleh penggunanya, maka Online Shop Melalui media blog cukup riskan karena pembeli cukup sulit mengetahui reputasi dari penjual. Biasanya penjual mengunggah bukti-bukti transfer yang ia miliki sebagai bentuk jaminan kepada pelanggan bahwa ia merupakan penjual terpecaya.
b.      Situs Web
Ada banyak situs web yang menyediakan layanan Online Shop baik web lokal maupun web Internasional. Biasanya terdapat keranjang belanja, dimana calon pembeli dapat memilih produk yang akan dibeli. Selain dengan menggunakan keranjang belanja, pembeli juga dapat langsung menghubungi penjual agar transaksi langsung dapat dilakukan melalui telepon atau email. Ada banyak yang dapat dilakukan di layanan daring melalui web, diantaranya yang terkenal adalah lelang. Lelang adalah kegiatan belanja daring dimana penjual menetapkan batas bawah suatu harga yang hendak dilelang, kemudian sang pembeli yang tertarik dapat menawar sesuai dengan kelipatan yang diajukan, lelang biasanya dibatasi sampai periode tertentu sehingga pembeli dengan nominal tertinggi dinyatakan berhak membeli barang yang ia inginkan sesuai dengan harga yang ia ajukan.
c.       Media Sosial
Seiring dengan maraknya pertumbuhan situs jejaring sosial di dunia, media sosial networking ini juga dilirik oleh pelaku belanja daring untuk memasarkan produknya. Penjual akan menggugah barang yang ia tawarkan kemudian disebarkan melalui messaging atau fitur photo sharing. Bentuk penawaran ini merupakan pengembangan dari media katalog yang tadinya disebarkan dalam bentuk media cetak per bulan, kini disebarkan melalui media katalog online yang penawarannya dapat diupdate kapan saja.

2.2    Pengaruh Perkembangan Online Shop Terhadap Generasi Muda di Indonesia
Online Shop diciptakan untuk mempermudah kegiatan transaksi jual-beli. Kelebihan-kelebihan yang ditawarkannya dapat membantu dalam berbelanja. Para pelaku usaha ini yang mayoritas berasal dari generasi muda menimbulkan berbagai dampak bagi para pelaku yang secara tidak  langsung mempengaruhi kultur budaya Indonesia. Dampak yang ditimbulkannya adalah sebagai berikut.
2.2.1        Dampak Positif
Dampak positif bagi generasi muda Indonesia dengan adanya Online Shop antara lain:
a.       Generasi muda akan semakin kreatif dalam berbisnis, karena dengan adanya Online Shop persaingan bisnis akan semakin luas, tidak hanya di dalam negeri persaingan bisnis bahkan sampai ke luar negeri.
b.      Dapat menghasilkan pebisnis-pebisnis muda, dengan modal yang murah dan mudahnya menjalankan bisnis ini maka akan menarik para generasi muda untuk mulai dapat berbisnis.
2.2.2        Dampak Negatif
Selain menghasilkan dampak positif berkembangnya Online Shop juga menimbulkan dampak negatif, yaitu:
a.       Meningkatkan perilaku konsumtif, kemudahan berbelanja yang ditawarkan Online Shop membuat kegiatan transaksi jual-beli semakin meningkat. Ini secara tidak langsung telah menciptakan paham baru yaitu konsumerisme.
b.      Menimbulkan sifat boros, dengan timbulnya paham konsumerisme maka akan timbul sifat boros karena barang yang dibeli tidak hanya barang yang dibutuhkan melainkan juga yang diinginkan.
c.       Menyebabkan konsumen berpikir praktis, dengan kelebihan-kelebihan yang ada membuat para konsumen yang mayoritas para remaja menginginkan hasil tanpa adanya proses.
d.      Sulit besosialisasi, karena kegiatan berbelanja di Online Shop dapat dilakukan hanya dengan melalui gadget.


BAB 3
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan permasalahan tentang pengaruh Online Shop maka dapat disimpulkan bahwa Online Shop dapat mempermudah kegiatan berbelanja dan dapat mengasilkan berbagai macam dampak positif. Akan tetapi, jika kelebihan tersebut tidak ditanggulangi secara serius maka akan menimbulkan dampak negatif yang banyak lagi. 
3.2  Saran
Untuk menghindari timbulnya berbagai macam dampak negatif tersebut maka penulis menyarankan untuk membeli barang sesuai kebutuhan bukan sesuai keinginan dan mengkombinasikan berbelanja secara online dengan secara langsung.
















Daftar Pustaka
Akbar, Rizkia Miftah. 2014. Pengaruh Adanya Teknologi Online Shop Terhadap Tingkah Laku Konsumen (online). http://rizkiamiftah.blogspot.co.id/2014/11/dampak-teknologi-online-shop-terhadap.html, 15 November 2015.
Budiman, Arif. 2015. Makalah Dampak Sosial Perkembangan Komputer (online). http://arifbudimannn.blogspot.co.id/2015/01/makalah-dampak-sosial-perkembangan.html, 15 November 2015.

1 comment: