Saturday, December 26, 2015


5 Cara Mengatur Waktu Dengan Baik


Sering kali kita temui orang mengatakan “Duh udah sore lagi, kerjaan masih numpuk” atau pernyataan-pernyataan yang lain yang menyatakan bahwa mereka membutuhkan waktu yang lebih lama lagi untuk menyelesaikan pekerjaannya. Mereka merasa bahwa 24 jam dalam sehari itu kurang. Padahal bukan masalah waktu yang menjadi penyebab melainkan belum teraturnya waktu yang mereka gunakan dengan banyaknya pekerjaan yang mereka miliki.
Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan agar Anda dapat mengatur waktu dengan baik.

1. Membuat skala prioritas dari setiap pekerjaan yang Anda miliki
Dengan membuat skala prioritas Anda dapat mengetahui pekerjaan mana yang harus Anda selesaikan terlebih dahulu sehingga tidak akan membuang-buang waktu Anda.

2. Menyusun jadwal kegiatan berdasarkan skala prioritas yang telah Anda buat
Adanya jadwal kegiatan dapat membantu Anda dalam mengefisienkan waktu karena dalam jadwal kegiatan Anda dapat mengetahui berapa lama pekerjaan tersebut harus diselesaikan dan berapa banyak lagi pekerjaan yang harus Anda selesaikan.

3. Jangan menunda-nunda pekerjaan
Menunda sama saja dengan membuang waktu dengan sia-sia. Karenanya segeralah selesaikan pekerjaan yang Anda miliki.

4. Lakukan dengan konsisten
Memang tidak mudah dalam menjaga kekonsistenan, perlu kesungguhan yang kuat dalam menjalaninya. Akan tetapi, tetaplah berusaha karena dengan hal itu Anda dapat menyelesaikan pekerjaan Anda dengan baik.

5. Jangan melakukan sesuatu di luar batas kemampuan
Selesaikanlah pekerjaan Anda sesuai dengan batas kemampuan Anda. Jangan memaksakan semua pekerjaan terselesaikan dalam sehari jika Anda tidak mampu untuk melakukannya. Karena hal tersebut justru dapat mengganggu aktivitas Anda ke depannya.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan dalam mengefisienkan waktu Anda. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment