5 Cara Mengatur Waktu Dengan Baik
Sering kali kita temui orang mengatakan “Duh
udah sore lagi, kerjaan masih numpuk” atau pernyataan-pernyataan yang lain yang
menyatakan bahwa mereka membutuhkan waktu yang lebih lama lagi untuk
menyelesaikan pekerjaannya. Mereka merasa bahwa 24 jam dalam sehari itu kurang.
Padahal bukan masalah waktu yang menjadi penyebab melainkan belum teraturnya
waktu yang mereka gunakan dengan banyaknya pekerjaan yang mereka miliki.
Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat
dilakukan agar Anda dapat mengatur waktu dengan baik.
1. Membuat skala prioritas dari setiap pekerjaan yang Anda miliki
Dengan membuat skala prioritas Anda dapat mengetahui pekerjaan mana yang harus Anda selesaikan terlebih dahulu sehingga tidak akan membuang-buang waktu Anda.
2. Menyusun jadwal kegiatan berdasarkan
skala prioritas yang telah Anda buat
Adanya
jadwal kegiatan dapat membantu Anda dalam mengefisienkan waktu karena dalam
jadwal kegiatan Anda dapat mengetahui berapa lama pekerjaan tersebut harus
diselesaikan dan berapa banyak lagi pekerjaan yang harus Anda selesaikan.
3. Jangan menunda-nunda pekerjaan
Menunda
sama saja dengan membuang waktu dengan sia-sia. Karenanya segeralah selesaikan
pekerjaan yang Anda miliki.
4. Lakukan dengan konsisten
Memang
tidak mudah dalam menjaga kekonsistenan, perlu kesungguhan yang kuat dalam
menjalaninya. Akan tetapi, tetaplah berusaha karena dengan hal itu Anda dapat
menyelesaikan pekerjaan Anda dengan baik.
Selesaikanlah
pekerjaan Anda sesuai dengan batas kemampuan Anda. Jangan memaksakan semua
pekerjaan terselesaikan dalam sehari jika Anda tidak mampu untuk melakukannya. Karena
hal tersebut justru dapat mengganggu aktivitas Anda ke depannya.
Itulah
beberapa cara yang dapat dilakukan dalam mengefisienkan waktu Anda. Semoga
bermanfaat!
No comments:
Post a Comment