Jembatan Unik
di Indonesia
Jembatan merupakan
penghubung dari suatu tempat ke tempat yang lainnya. Selain fungsinya sebagai
penghubung, jembatan dapat pula dijadikan sebagai penghias suatu tempat atau bahkan
menjadi ikon di suatu daerah. Indonesia memiliki banyak jembatan yang unik. Keunikan
tersebut dapat dilihat dari segi desain maupun dari tempat jembatan tersebut
dibangun.
Berikut ini
adalah beberapa jembatan unik yang ada di Indonesia.
1.
Jembatan Kelok 9, Padang
Jembatan kelok 9 ini sangat unik karena
dibangun diantara perbukitan. Selain itu desainnya yang berkelok-kelok (jika
lihat dari atas mirip angka 9) terdapat di pinggiran tebing yang curam semakin
menambah kesan unik dan cantik dari jembatan ini.
Dengan
desain yang berkelok-kelok membuat orang yang melihatnya takjub, jembatan kelok
9 ini yang berada di kaki bukit seakan membuat jembatan ini menyatu dengan
alam. Total panjang jembatan kelok 9 ini mencapai 959 meter.
Jembatan
ini merupakan salah satu jembatan termegah dan tercantik di provinsi Riau. Yang
unik dari jembatan ini adalah di kedua puncak jembatan ini terdapat sebuah
restoran.
Untuk
mencapai restoran tersebut disediakan lift khusus. Salah satu alternatif yang
menarik untuk menikmati keindahan alam Riau dari ketinggian sambil menikmati
menu yang disediakan pihak restoran.
3.
Jembatan Ampera, Palembang
Jembatan
Ampera terletak di kota Palembang yang tepat dibawahnya terdapat aliran air
sungai musi. Yang unik dari jembatan ini ialah di bagian tengah-tengah
jembatan ini bisa yang di angkat jika ada kapal yang mau lewat. Namun untuk
sekarang ini hidroliknya sudah tidak berfungsi lagi.
4.
Jembatan Tanjung Tol Benua, Bali
Jembatan
Tol Tanjung Benoa terdapat di provinsi Bali memiliki panjang total 12,7 km,
yang mana 10 km bagian jembatan berada diatas permukaan laut sehingga
menjadikannya jembatan atas laut terpanjang di Indonesia. Jembatan Tanjung
benoa ini juga diklaim sebagai jalan tol terindah di Indonesia. Selain
dikarenakan desainnya yang unik dan berkelok-kelok diatas permukaan laut, area
sekitar jembatan ini juga dijadikan sebagai kawasan konservasi mangrove
sehingga banyak tanaman di samping jalan Tol.
Dengan
panjang sekitar 5.438 M, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di
Indonesia saat ini. Jembatan Sura-madu terdiri dari 3 bagian yaitu jalan layang
(causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main
bridge).
Jembatan ini awal di kerjakan pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura.
Jembatan ini awal di kerjakan pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura.
Jembatan
Barito memiliki panjang sekitar 1.082 meter yang melintasi Sungai Barito
selebar 800 meter dan Pulau Bakut selebar 200 meter.
Jembatan
ini pertama kali diresmikan pada tanggal 23 April 1997 oleh Presiden Soeharto.
Jembatan ini tercatat dalam Rekor Muri sebagai jembatan gantung
terpanjang di Indonesia.
Jembatan
menakjubkan ini terbentuk dari jalinan dua akar pohon yang tumbuh berseberangan
membentang di atas aliran Batang Bayang Sumatera Barat. Dalam bahasa Minang,
jembatan yang berada di kota Padang kota Padang ini oleh masyarakat dinamakan
Titian Aka.
Jembatan
ini mulai dibentuk pada tahun 1890 dan baru dapat digunakan pada tahun 1916.
Dengan kata lain, proses merajut akar menjadi jembatan ini membutuhkan waktu
sekitar 26 tahun. Saat ini, kondisinya semakin lama semakin kuat karena semakin
besarnya akar pohon beringin yang membentuknya.
8.
Jembatan Tukad Bakung, Bali
Jembatan
ini menghubungkan 3 kabupaten Bali, masing-masing Badung, Bangli, dan Buleleng
itu menjadi jembatan terpanjang di Bali dan diklaim sebagai tertinggi di Asia
Tenggara.
Jembatan
Tukad Bangkung mempunyai panjang 360 meter, lebar 9,6 meter, dengan pilar
tertinggi sampai 71,14 meter, dan pondasi pilar 41 meter di bawah tanah.
Jembatan itu berteknologi balanced cantilever, dengan perkiraan usia pakai
kurang lebih 100 tahun.
Jembatan
Cikurutug berada di Kabupaten Purwakarta, jembatan yang berupa jalur kereta api
ini merupakan salah satu jembatan terunik di Indonesia. Anda akan melihat
Jembatan ini jika anda sedang melewati jalan tol Jakarta-Bandung, tepatnya di
sebelah kiri jalan tol Cipularang.
Jembatan jalur kereta api ini memang sangat ekstrim, bahkan jembatan ini masuk dalam 10 besar Jalur kereta api paling menyeramkan di dunia. Kereta api yang lewat pun harus dengan kecepatan yang sangat pelan karena tingginya jembatan ini.
Jembatan jalur kereta api ini memang sangat ekstrim, bahkan jembatan ini masuk dalam 10 besar Jalur kereta api paling menyeramkan di dunia. Kereta api yang lewat pun harus dengan kecepatan yang sangat pelan karena tingginya jembatan ini.
Jembatan
Palu IV merupakan sebuah jembatan unik yang terletak di Kota Palu, Sulawesi Tengah.
Jembatan ini awal diresmikan pada Mei 2006 oleh Presiden Susilo Bambang
Yudhoyono.
Yang unik
dari jembatan ini adalah menjadi jembatan lengkung pertama di Indonesia dan
yang ketiga di dunia setelah Jepang dan Perancis.
Sumber:
http://www.awas-aja.com/2015/05/10-besar-jembatan-paling-unik-dan.html
No comments:
Post a Comment